Wednesday, March 13, 2013

SBY Mengaku Tak Bisa Tiba² Hapus BBM Subsidi, Meski Dinikmati Orang Kaya

Quote:Original Posted By Detikcom

SBY Mengaku Tak Bisa Tiba-tiba HapusBBM Subsidi, Meski Dinikmati Orang Kaya


Alphard minum Premium


Jakarta - Hari ini Presiden SBY dan Komite Ekonomi Nasional (KEN) melakukan rapat membahas beberapa hal, salah satunya adalah soal tingginya anggaran subsidi BBM 2013 yang hampir mernyentuh Rp 300 triliun.

Usai rapat tersebut, SBY mengatakan, dirinya tidak mau BBM subsidi malah digunakan pemilik kendaraan yang merupakan kelompok masyarakat menengah ke atas.

"Pertama subsidi jangan sampai melampaui kepatutannya, karena tidak baik bagi kebijakan situasi fiskal, kebijakan ekonomi. Maka itu yang paling ideal kita masih mempunyai kebijakan subsidi yang tidak bisa mengait kepada komoditas. Karena yang kita subsidi komoditas sering terjadi ketidakadilan. Misalnya subsidi BBM, maka justru pengguna BBM itu yang memiliki kendaraan adalah kelompok menengah ke atas yang secara ekonomis sudah memiliki kemampuan dan tidak langsung dirasakan oleh saudara-saudara kita yang berpenghasilan rendah," papar SBY usai rapat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Meski kenyataannya BBM subsidi salah sasaran,
namun SBY mengaku pemerintah tidak bisa tib-tiba menghapus subsidi BBM. Kenapa? Karena
penghapusan BBM subsidi bisa mempengaruhi
stabilitas harga barang-brang, mendongkrak inflasi, dan menimbulkan kesulitan di masyarakat.

"Oleh karena itu kita tengah merumuskan di satu sisi subsidi ini harus tepat sasaran. Kalau membantu harus membantu rumah tangga atau orang perorangan yang memang tergolong miskin atau hampir miskin dan sekali lagi yang harus kita bantu dengan kebijakan yang tepat, subsidi di masa depan harus menuju ke arah itu," kata SBY.

Bagaimana dengan opsi menaikkan harga BBM subsidi? SBY mengatakan, saat ini pemerintah belum memutuskan menaikkan harga BBM subsidi. Karena pemerintah tak ingin inflasi naik karena kenaikan harga barang, dan memukul masyarakat miskin.

"Nah tadi yang kita diskusikan adalah cara-cara praktis seperti apa untuk mengurangi volume mengurangi bahan bakar minyak yang bisa dijalankan saat ini dan masa depan. Ternyata ada sejumlah opsi dan sejumlah pilihan yang belum tepat saya sampaikan sekarang ini karena kita akan matangkan dalam satu dua minggu ini," kata SBY.

(Sumber)

Klo udh tau salah sasaran knp msh galau yak? Waktu dulu sdh terbiasa dgn harga 6rb knp diturunin lg pas mau pemilu? BBM saja jd komoditi politik.

Sumber dari http://kask.us/g7E8n oleh Bembey

No comments:

Post a Comment