Friday, March 15, 2013

Rumah Sakit Apung Swasta Pertama di Indonesia

Quote:

RS Apung Swasta Pertama di Indonesia Berlayar ke Kepulauan Seribu

Metrotvnews.com, Jakarta: Sulitnya akses pelayanan medis bagi masyarakat prasejahtera, terutama yang hidup di wilayah terpencil, membuat sebuah organisasi medis di Jakarta berinisiatif mengadakan proyek bertajuk Pelayaran Perdana Proyek Rumah Sakit Apung (Floating Hospital).


ILUSTRASI


Dengan mengutamakan keunggulan Indonesia sebagai negara maritim, Yayasan Dokter Peduli atau DoctorShare pun bermaksud menyediakan pelayanan medis di atas perahu yang disebut 'RS Apung'.

Sang penggagas proyek ini adalah dr. Lie A Dharmawan, Phd, FICS, SpB, SpBTKV. Dalam konferensi pers di Kemayoran, Kamis (14/3), menjelaskan, "Setiap warga berhak mandapatkan pelayanan medis sesuai dengan UU. Namun, nyatanya masih banyak warga yang kesulitan mendapatkannya, terutama mereka yang tinggal di berbagai pulau terpencil di Indonesia."

Dr Lie pun menyatakan tidak bisa selalu mengharapkan pemerintah. Menurutnya, rumah sakit bergerak bisa diterapkan di kereta api atau pesawat terbang. Tapi, dirinya memilih apung mengingat geografi Indonesia yang sebagian besar berupa laut.

"Laut bukan pemisah, tapi justru pemersatu kita," kata Dr Lie yang juga merupakan kepala bedah di RS Husada itu.

Ia menjelaskan sebenarnya RS Apung sudah ada beberapa, bahkan ada di setiap negara. Namun, itu semua merupakan milik angkatan bersenjata dan dikeluarkan bila kondisi genting seperti perang. "Maka itu, ini adalah RS Apung swasta pertama yang ada," kata Dr Lie.

Rumah sakit apung ini akan merapat ke pulau-pulau kecil dan berlabuh di sana. Dengan sebuah sekoci, dokter dan perawat akan membawa peralatan ke darat. Dokter akan memeriksa pasien dan jika memerlukan tindakah lebih lanjut seperti pembedahan, pasien akan dibawa ke kapal. Setelah rampung, kapal akan melanjutkan perjalanan ke pulau berikutnya.

Rumah sakit itu sendiri berupa kapal seluas 23,5 x 6,55 meter. Fasilitasnya setara dengan rumah sakit standar seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, dan laboratorium.

Pelayaran perdana kapal Rumah Sakit Apung (Floating Hospital) swasta pertama di Indonesia ini akan dilaksanakan pada 16-17 Maret 2013 menuju Pulau Panggang di Kepulauan Seribu.

Menurut Dr Angelina Vanessa selaku koordinator lapangan pelayanan medis Kepulauan Seribu, sudah ada 14 pasien yang siap dioperasi di sana. "Alasan kami memilih kepulauan seribu sebagai lokasi pertama adalah Kepulauan Seribu masih sangat membutuhkan pelayanan medis untuk ke Jakarta. Warganya mengeluhkan biaya transportasi yang mahal krn harus menggunakan speedboat," jelasnya. Di atas kapal akan ada 25 dokter dan 25 sukarelawan.

Dr Lie melanjutkan dalam setahun ke depan, RS Apung akan berlayar ke Bangka Belitung, Kalbar, dan pulau-pulau kecil di Bali kemudian Sumba, diakhiri di wilayah timus Indonesia.

Proyek ini pun sudah mendapatkan tanggapan dari pemerintah khususnya oleh Ahok selaku Wakil Gubernur Jakarta. Pemda, menurutnya juga telah menawarkan kerja sama melalui KJS dan Jamkesda.





Semoga saja dapat berguna dan berfungsi dengan baik memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal didaerah - daerah terpencil.



Sumber dari http://kask.us/g7JKm oleh handymax

No comments:

Post a Comment