Friday, March 15, 2013

Ratifikasi STATUTA Roma , BISA JEGAL Capres PRABOWO, Bahkan bisa DIPENJARA.

REPUBLIKA.CO.ID, [Kamis, 14 Maret 2013, 12:32 WIB]

JAKARTA - Partai Gerindra tidak khawatir dengan rencana pemerintah meratifikasi Statuta Roma International Criminal Court (ICC).


Bagi Gerindra rencana itu sama sekali tidak akan mengganggu pencalonan Prabowo Subiakto di pemilu presiden 2014. “Kami tidak melihat ini sebagai ganjalan,” kata Sekretaris Jendral Gerindra, Achmad Muzani ketika dihubungi Republika, Kamis (14/3).

Menurutnya, persoalan HAM yang disangkut-pautkan ke Prabowo sudah selesai. Pasalnya, proses hukum Prabowo sudah selesai. “Sesuatu yang sudah clear di pengadilan tidak bisa dimasukkan kembali ke pengadilan,” ujarnya.

Akan tetapi, dia mengingatkan pemerintah agar tidak menunggangi klausul ICC untuk kepentingan jangka pendek. “Kita harus jauhkan kepentingan jangka pendek yang hanya didasari rasa suka dan tidak suka pada pribadi,” katanya.

Gerindra akan mempelajari isi dan berbagai konsekuensi dari ICC. Menurutnya, ratifikasi ICC bisa berdampak negatif bagi kedaulatan hukum Indonesia.

Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mendapat mandat dari Presiden SBY untuk mengunjungi Mahkamah Kejahatan Internasional (International Criminal Court/ICC) di Den Hag Belanda.
melihat kemungkinan Indonesia meratifikasi Statuta Roma International Criminal Court.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana mengatakan Statuta Roma bisa menjadi batu sandungan bagi Prabowo Subianto di Pilpres 2014.

Pasalnya, statuta ini memungkinkan mahkamah internasional menyeret Prabowo ke pengadilan HAM atas sejumlah kasus pelanggaran HAM masa lalu. Lebih lanjut Hikmahanto menduga pertemuan antara Prabowo dengan Presiden SBY beberapa waktu lalu membahas masalah ICC.


SUMBER : http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/13/03/14/mjmy2r-gerindra-pencapresan-prabowo-tak-akan-terganjal-icc

----------------------------

Komentar : Siapakah pemenang 2014 ??? semoga berjalan aman dan lancar yahh. Tetep kedepankan Hati Nurani.
Sumber dari http://kask.us/g7IEz oleh atimarwati

No comments:

Post a Comment