Friday, March 8, 2013

MOBIL ESEMKA MASUK PASAR PERDANA APRIL 2013

7 Maret 2013 - 15:44 WIB

SOLO, (TubasMedia.Com) â€" Produksi mobil Esemka karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terus dikebut. Ditargetkan, mobil Esemka siap diserahkan perdana ke pasar mulai April mendatang.

Pejabat Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Sabar Budi kepada wartawan mengatakan ada 80 unit mobil Esemka jenis Rajawali dan Bima yang siap diserahkan, salah satunya pesanan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto. Saat ini, Sabar mengatakan masih terus merampungkan produksi mobil Esemka. Pihaknya mengklaim hingga kini jumlah pesanan mobil Esemka mencapai 8.000 unit.

“Tiap hari kami menerima konfirmasi dari para pemesan 10-30 unit,” ujarnya.

Sabar mengatakan produksi mobil Esemka dilakukan secara bertahap. Termasuk untuk pesanan mobil Pemerintah Kota (Pemkot) Solo serta Pemerintah Daerah (Pemda) lainnya dan pejabat, tokoh politik maupun masyarakat umum masih masuk dalam daftar tunggu.

Sabar menjelaskan produksi Esemka dilakukan tersebar di 33 cabang SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun produksi perdana sementara dikerjakan di SMK Tangerang, Jawa Barat.

“Dari sekian ribu pesanan, Esemka Rajawali lah yang paling banyak dipesan,” tuturnya.

Sabar mengatakan berencana meluncurkan varian baru. Hal ini mempertimbangkan tingginya angka pesanan mobil Esemka. Di sisi lain, imbuh dia, pengembangan dilakukan guna bersaing dengan mobil lain yang selama ini merajai pasar nasional. Sabar mengakui hingga saat ini penyedia komponen mobil Esemka 40% masih impor. Sedangkan 60% produksi penyediaan komponen sudah berasal dari unit Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tersebar di beberapa daerah.

Seperti halnya, Sabar mencontohkan komponen ban mobil yang merupakan hasil produksi asli dalam negeri.

“Jok mobil juga dari Kediri. Kami belum bisa 100% komponen dari dalam negeri, karena memang belum ada. Dan ini yang sedikit banyak berpengaruh pada harga jual mobil,” ungkapnya.

Sabar mengatakan untuk satu unit mobil Esemka Rajawali dibanderol Rp140 juta â€"Rp160 juta. Sedangkan Esemka Bima dibanderol harga Rp65 jutaâ€" Rp75 juta. PT SMK, lanjut dia, akan mengeluarkan Rajawali varian baru dengan harga rendah berkisar diangka Rp 80 jutaan. Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan Rajawali varian baru akan segera diluncurkan. (red)
sumber:
http://www.tubasmedia.com/berita/mob...na-april-2013/

mobil buatan siswa anak smk ,semoga bayak yg beli dan jokowi jgn lupa mobilnnya diwajibkan dijakarta biar cinta produk indonesia
Sumber dari http://kask.us/g7lAX oleh partaimerah

No comments:

Post a Comment