Friday, March 15, 2013

Menpora Ingin F1 Digelar di Indonesia


GP Australia

JAKARTA, KOMPAS.com â€" Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo di Jakarta, Senin (11/3/2013), mengemukakan rencananya untuk mementaskan ajang balap mobil pengemudi tunggal yang paling bergengsi di dunia, Formula Satu (F1), di Indonesia.

Roy mengatakan akan berangkat ke Australia, Rabu (13/3/2013), untuk menemui manajemen F1 guna membicarakan syarat-syarat teknis dan mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah. Hal ini juga bertepatan dengan momen menjelang digelarnya seri pertama F1 2013 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Autstralia, pada tanggal 17 Maret.

"Setelah meresmikan tim nasional sepak bola pada dua hari lagi, malamnya saya akan bertolak ke Australia untuk membicarakan teknisnya, mengenai syarat-syaratnya menjadi tuan rumah," ujar Roy.
Menteri yang mengaku menggemari otomotif ini menjelaskan, lokasi sirkuit nantinya direncanakan bertempat di Bali atau Jakarta.

Di Jakarta, menurutnya, terdapat lokasi yang sering dijadikan arena balapan liar, padahal memiliki potensi untuk dijadikan sirkuit berkelas internasional.

"Rencananya digelar di Bali di pinggir-pinggir jalan tol, atau di Jakarta di tempat yang dijadikan balapan liar, padahal bagus jika dijadikan sirkuit internasional," paparnya.

Di sela kunjungannya ke Pontianak, Februari 2013 lalu, Roy pernah mengemukakan rencananya untuk membangun sirkuit berkelas internasional di Kemayoran, Jakarta.

Terkait proses dan persiapan menjadi tuan rumah seri F1 yang kemungkinan membutuhkan waktu lama, Roy mengatakan, rencana untuk menjadi tuan rumah ini bersifat jangka panjang. Dia tidak mempermasalahkan jika rencana ini terealisasi ketika dirinya sudah tidak menjabat lagi sebagai Menpora.

"Mungkin bukan tahun ini, atau juga bukan di masa jabatan saya. Tapi setidaknya saya sudah mulai merintis rencana besar ini," ujarnya.

Roy mengemukakan rencananya itu setelah mengapresiasi pebalap nasional putri, Alexandra Asmasoebrata, yang akan berlaga di Kejuaraan Asian Formula Renault 2013 di China, Maret 2013.
Roy menginginkan banyak pebalap berikutnya juga berlaga di ajang internasional dan bahkan menembus persaingan di F1.

Menurutnya, prestasi dan keikutsertaan pebalap nasional di kancah internasional juga mengobati kekecewaan masyarakat dan juga berbagai kalangan karena sejumlah masalah olahraga, termasuk lambatnya pencairan anggaran Kemenpora 2013.

Seri Grand Prix Formula Satu 2013 digelar di berbagai belahan dunia. Seri balapan dari ajang yang diatur oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) ini juga digelar di beberapa negara Asia, seperti Bahrain, China, dan Malaysia.

sumber

setelah bertemu Alexandra, baru deh Om Roy ambisius begini. Jangan sampai seperti rencana PSSI menggelar FIFA World Cup deh
Sumber dari http://kask.us/g7JfW oleh princess.watch

No comments:

Post a Comment