Saturday, March 16, 2013

Jaringan 4G LTE akan Hadir di Indonesia

Jaringan 4G LTE akan Hadir di Indonesia 2015 ??




Jaringan generasi keempat atau yang sering disebut dengan 4G LTE (Long Term Evolution) diperkirakan akan mulai tersedia di Indonesia mulai tahun 2015. Empat operator Tanah Air yang terdiri dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk (ISAT), PT XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) telah sepakat melakukan sinergi jaringan 4G LTE.

Teknologi 4G LTE sendiri adalah teknologi jaringan generasi keempat yang merupakan penerus teknologi 3G yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan 4G ini merupakan jaringan yang harus dioperasikan pada spektrum nirkabel terpisah dan mampu menghasilkan kecepatan download hingga 300mbps dan upload hingga 75mbps.

Sementara itu, di Tanah Air mengalami keterbatasan frekuensi yang tersedia untuk menggelar layanan 4G LTE. Dalam rangka menyiasati keterbatasan tersebut, maka keempat operator tersebut di atas memutuskan untuk melakukan sinergi jaringan.

Pemerintah sendiri belum memutuskan frekuensi mana yang akan digunakan untuk menggelar layanan 4G LTE. Layanan LTE sendiri membutuhkan bandwidth besar minimal 20 Megahertz (MHz). Pemerintah kabarnya akan memutuskan penggunaan frekuensi untuk menggelar layanan 4G LTE setelah selesai menata layanan 3G yang berjalan di frekuensi 2100MHz.

Seperti yang dilansir dari TabloidPulsa (16/03/2013), pesatnya kebutuhan layanan internet di Tanah Air ini juga menjadi salah satu latar belakang kesepakatan empat operator besar tersebut untuk melakukan sinergi jaringan dalam menyelenggarakan layanan 4G LTE.

Layanan 4G LTE diperkirakan akan mulai dapat dinikmati oleh pengguna selular Tanah Air pada tahun 2015 mendatang.

sumber
Sumber dari http://kask.us/g7P7v oleh o.d.i.s.s.e.u.s

No comments:

Post a Comment