Wednesday, March 6, 2013

Dahlan Iskan: Daging di RI Rp 90 Ribu/Kg, Importir Untung Luar Biasa



Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan merespons harga daging sapi di Indonesia yang sudah mencapai Rp 90.000-95.000/kg. Menurutnya yang sangat diuntungkan dari harga ini adalah para importir daging.

"Kalau di Singapura harga daging Rp 40 ribu/kg, di Indonesia Rp 90 ribu/kg. Berarti importir kita labanya sangat luar biasa," cetus Dahlan dalam Silaturahmi Pers Nasional dan Bedah Kasus dengan tema Carut Marut Impor dan Masa Depan Swasembada Daging Sapi yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Padahal menurut Dahlan, antara Indonesia dan Singapura sama-sama mengimpor daging. Dari peristiwa ini Dahlan berpendapat, bisnis daging sapi jelas sangat menggiurkan karena keuntungan yang besar.

"Singapura juga impor loh. Berarti ada selisih harga yang begitu besar. Inilah bisnis yang menggiurkan," jelasnya.

Ia pun tidak ragu-ragu untuk memberik saran kepada Kementerian Pertanian agar izin impor hanya diberikan kepada para importir yang mau memelihara sapi bibit atau anakan. Hal ini sudah dilakukan Bulog saat melakukan importasi beras tetapi keuntungannya ditujukan untuk subsidi silang petani.

"Sebaiknya izin impor daging itu diberikan kepada orang yang akan mau memproduksi anak sapi. Sehingga katakanlah laba 1 kilo itu Rp 40 ribu. Dari laba Rp 40 ribu itu harus dikembalikan untuk merangsang produktivitas sapi di dalam negeri. Ini sudah dilakukan Bulog, dapat izin impor beras. Tahun lalu dari impor berasnya itu dia (Bulog) untung Rp 800 miliar, tapi tahun lalu rugi sedikit, kenapa rugi? Karena laba dari impor beras itu diabdikan untuk perbaiki harga beras petani. Sehingga petani terangsang untuk dikembangkan," tuturnya.

"Yang diberi impor sapi harus menolong peternak, yang impor beras harus menolong petani, impor gula harus menolong petani tebu. Jangan yang untung ya untung terus, tapi tidak memperhatikan petani dan peternak," tandasnya.

===============

ayo PKS haters ...masuk sini semua ...puas-puasin deh lo ...


kita jangan ngomongin ide Dahlan Iskan ,....ngga guna...mendingan bully PKS ... biar nunjukin mutu otak kita ...

sumber:http://finance.detik..com/read/2013/03/06/144025/2187377/4/dahlan-iskan-daging-di-ri-rp-90-ribu-kg-importir-untung-luar-biasa?f9911013
Sumber dari http://kask.us/g7hhr oleh axios [$]

No comments:

Post a Comment