Tuesday, March 5, 2013

Calon Hakim Konstitusi Ini Tak Hafal Pancasila



VIVAnews - Salah satu calon hakim konstitusi tidak bisa menyebut sila Pancasila dengan benar dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Senin 4 Maret 2013. Mendengar jawaban calon hakim itu,anggota DPR kecewa.

Bermula saat anggota Komisi III Bidang Hukum dari Fraksi PDIP Ahmad Basarah meminta calon hakim Djafar Albram menyebutkan bunyi Pancasila.
Jawab Dafar, "Yang pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Kedua, Perikemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, Persatuan Indonesia. Empat, Kerakyatan yang dipimpin oleh permusyawaratan dan keadilan. Kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Mendengar jawaban ini, Basarah kecewa karena calon hakim itu tak hafal isi sila dengan benar. "Padahal sila di Pancasila kan merupakan sumber dari segala sumber hukum yang ada.

Seharusnya calon hakim tidak hanya hafal, tapi mengetahui makna filosofis masing-masing sila Pancasila," kata Basarah.

Menurut Basarah, bagaimana mungkin seseorang yang tidak hafal dengan pancasila bisa melaksanakan tugasnya sebagai hakim konstitusi.

"Bagaimana calon hakim MK bisa menguji undang-undang. Katanya hakim MK ini negarawan, makanya harus memahami dasar-dasar negaranya dulu," ujar dia.

Hakim Konstitusi

Profil Calon Hakim MK

Quote:Djafar Albram. Lahir di Tual, Maluku, 10 Desember 1954, Djafar adalah pensiunan pegawai Bea dan Cukai dengan pangkat terakhir pembina utama muda golongan IVc. Saat ini ia mengaku sebagai praktisi sekaligus akademisi bidang hukum. Meraih gelar doktor dari Universitas Sumatera Utara.



DR Djafar Albram SH MH SE MM,Bsc.





Please deh ach.. Itu mah kelupaan aja

komeng kaskuserQuote:
Quote:Original Posted By ardya.surya â–º


gak hapal pancasila aja bisa dapet gelar doktor
kalau hapal , bisa dapet gelar apa ya kira2

Quote:Original Posted By marka.makna â–º
grogi mungkin si bapak....

lagian DPR sok ngetes orang..
Dulu john pantau juga pernah ngetes anggota DPR
Tugas pokok anggota Dewan aja tak tahu


Quote:Original Posted By vanboteng â–º
biasanya kalo lagi grogi, suka blank om!





Sumber dari http://kask.us/g699a oleh 4bugs

No comments:

Post a Comment